Objek Wisata di Pangandaran yang Mesti Anda Kunjungi

Objek Wisata atau Tempat Wisata di Pangandaran yang mesti Anda kunjungi ketika berlibur ke Pangandaran


Informasi Tempat Wisata Seputar Potensi Pangandaran Sekitarnya Objek Murah Snorkeling Paket Tur  Sovenir Oleh-oleh Jajanan Khas  Jambal Roti Ikan Asin  Ombak Laut Selatan Kuliner Rumah Makan   Seafood Bahari Restoran Pasar Seni Hotel Penginapan Sewaan   Murah Bintang Terbaik Tempat Menarik Baju Fashion Celana Boxer   Foto Tiket Masuk Nomor Penting Layanan Umum  Citumang Madasari  Green Canyon Pantai Karapyak Bagolo Karang Nini Tirta  Lembah Puteri  Taman Cagar Alam Pananjung Pasir Putih  Batuhiu Parigi  Batu Karas Cijulang Cimerak Body Rafting  Selasari Curug Bojong  Babakan Keusik Luhur
Tempat Wisata atau Objek Wisata Pangandaran terletak di semenanjung pantai selatan Jawa Barat sekitar 91 km dari Ciamis, Pangandaran menawarkan pasir pantai hitam dan putih, ombak yang tenang dan pemandangan matahari terbenam yang spektakuler. Resor ini menghadap ke Samudera Hindia, berjarak 223 Km dari Bandung dan 400 km dari Jakarta, dan terletak di pertengahan antara Bandung dan Yogyakarta.

Semenanjung cantik ini dulu hanya dikenal sebagai kota nelayan kecil, dimana nelayan pergi di pagi hari dan kembali pada sore hari dengan membawa ikan. Ketika nelayan tiba, semua penduduk setempat akan membantu mereka membawa ikan ke pantai. Kegiatan ini masih dapat dilihat sampai hari ini, Anda juga dapat berpartisipasi dan merasakan sensasi menarik jaring ikan yang berat ke pantai.

Berikut Objek Wisata Pangandaran yang wajib Anda kunjungi :

1.    Objek Wisata Pangandaran yang Pertama adalah Pantai Pangandaran

Objek Wisata Pantai Pangandaran selalu ramai di penghujung akhir pekan, hari libur dan menjelang pergantian tahun, wisata Pantai Pangandaran ini selalu padat dengan hadirnya banyak wisatawan. Pangandaran memiliki beragam kegiatan wisata pantai yang menyenangkan, diantaranya berenang, jet ski, memancing, perahu pesiar, snorkeling di pasir putih, berkeliling dengan sepeda dan mobil Goes, berselancar, diving atau menyelam, tracking, camping, dan sebagainya.

Di Pangandaran juga terdapat Taman Wisata Cagar Alam Pananjung yang mempunyai area cukup luas dan masih merupakan kawasan dalam Pantai Pangandaran. Cagar Alam mempunyai pantai yang landai, berpasir putih dan halus serta gelombang ombak yang ramah dan tidak membahayakan. Karena itu kawasan ini menjanjikan memberikan rekreasi air yang menyenangkan, seperti : Snorkeling, Surving, Penyewaan Perahu, Berenang, Menikmati Keindahan Taman Laut , Hiasan Karang di Pasir Putih, Berjemur, Berkemah dan Pemandangan yang Indah. 

Beberapa tempat menarik di Cagar Alam Pananjung diantaranya : Pasir Putih Barat dan Timur, Taman Laut Barat dan Timur, Batu Mandi, Raja Mantri, Goa Sarang Walet Barat dan Timur, Patung Alam, Batu Candi, Batu Kodok, Air Terjun, Batu Layar 1 dan 2, Ratu Karang Buaya, Batu Kipas dan Karang Bolong. Beberapa gua seperti Gua Panggung, Gua Parat, Gua Lanang, Gua Sumur Mudal, dan gua-gua peninggalan Jepang.

2.  Objek Wisata Pangandaran yang Kedua adalah Batu Karas

Objek Wisata Batu Karas terletak di Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang dengan jarak ± 34 km dari Pangandaran. Pantainya yang landai dengan air laut tenang nan biru menanti Anda untuk segera berenang menikmati airnya yang segar. Anda bisa nikmati suasana tenang dengan angin sepoi-sepoi menikmati hidangan di rumah makan yang tersedia.

Pandangan lepas ke ujung cakrawala memberi Anda ketenangan dan kenangan berlibur yang menyenangkan. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan selain berenang antara lain: berperahu di bengawan, berkemah dan berselancar. Jika liburan Anda bersama keluarga, akomodasi telah tersedia untuk Anda, ada pondok wisata yang dilengkapi dengan arena bermain dan rumah ibadah. Pondok wisata ini dikelola langsung oleh Diparda Kabupaten Ciamis.

Fasilitas lainnya yang tersedia antara lain: Hotel, Camping Ground, Kios Cinderamata, sewaan papan selancar dan ban renang, batu karas juga sebagai tujuan surfer lokal maupun manca negara.

3.  Objek Wisata Pangandaran yang Ketiga adalah Sungai Citumang Green Valley

Objek Wisata atau Tempat Wisata  terletak di Desa Bojong Kecamatan Parigi Ciamis, berjarak kurang 15 km dari Pangandaran ke arah barat. Atau sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran - Cijulang. Jarak seluruhnya dari kota Ciamis sekitar 95 km. Citumang Dapat dicapai dengan kendaraan umum jurusan Cijulang, dilanjutkan dengan kendaraan ojeg, disambung dengan jalan kaki menelusuri tepi sungai dan kebun pendudukan sepanjang 500 meter.
Kegiatan yang bisa Anda lakukan di Citumang : body rafting, water tubing, camping, menikmati suasana sepanjang sungai, petualangan ke dalam goa, menikmati aura relaksasi di tengah alam yang asli, sejuk dan eksotis.

4. Objek Wisata Pangandaran yang Keempat adalah Green Canyon

Objek Wisata atau Tempat Wisata  Green Canyon atau Cukang Taneuh (Ngarai Hijau) adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang,  ± 31 km dari Pangandaran. Ngarai ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.

Perjalanannya memakan waktu kurang lebih 30-45 menit dengan jarak sekitar 3 km dari Pangandaran untuk sampai ke Green Canyon. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya : body rafting, water tubing, camping, berperahu atau bersampan sambil memancing,  menyusuri sungai, jump stone atau loncat dari batu, panjat tebing, berenang, dan sebagainya.  

5. Objek Wisata Pangandaran yang Kelima adalah Batu Hiu

Objek Wisata atau Tempat Wisata terletak di Desa Ciliang, Kecamatan Parigi, Batu Hiu menawarkan pemandangan spektakuler Samudra Hindia biru. Di atas bukit, Anda dapat menyaksikan dan mendengarkan gemuruh gelombang besar bergulung ke bawah dan menghancurkan batu pantai. Tempat ini dihiasi oleh pepohonan Pandan Wong (semacam palem) yang cantik dan merupakan tempat yang sempurna untuk merasakan angin bertiup lembut di wajah Anda.

Ketika hari mulai redup, siapkan mata Anda untuk menyaksikan pesona matahari terbenam di cakrawala. Jika Anda membawa kamera, jangan lupa untuk mengabadikan momen ini.

Batu Hiu terkenal akan karang besarnya yang menyerupai ikan hiu. Di sini, Anda dapat menyaksikan panorama Samudera Indonesia yang membentang luas dengan deburan ombaknya yang menggulung putih. Selain itu, nikmati pula panorama pantainya yang sangat indah, berbatasan dengan perbukitan hijau yang banyak pohon pandan wangi.

Yang menambah daya tarik Batu Hiu juga adalah tempat Objek Wisata Penangkaran Penyu. Di tempat ini, Anda dapat melihat dan mempelajari dari dekat cara pengembangbiakan dan pelestarian penyu di habitat aslinya.     



Selamat berlibur,