Kuliner Khas Pindang Gunung Pangandaran

Pindang Gunung itu terdiri dari ikan kakap merah. Kenapa kakap, karena tekstur dagingnya tebal dan kenyal dengan cita rasa tidak anyir. Setelah memilih ikan dengan bobot 500 gr, pegawai mengolah ikan itu dengan anek bumbu khas.
Informasi Objek Wisata Pangandaran dan Sekitarnya, Beragam Paket Wisata Tour Murah, Green Canyon, Selasari, Pantai Pangandaran, Pantai Pangandaran, Pangandaran,Wisata Pangandaran,Informasi Pangandaran,Informasi Green Canyon,Informasi Citumang,Paket Wisata, Pindang Gunung Khas Pangandaran
Ilustrated from Internet
Pindang Gunung adalah makanan sejenis sop ikan yang berasal dari daerah pesisir pantai tepatnya bagian selatan khususnya Pangandaran, Parigi, Cijulang dan Cimerak. Pindang Gunung sendiri sebenarnya merupakan resep Sunda buhun yang terkenal di kawasan Priangan Timur sejak masa lalu

Ciri khas Pindang Gunung Pangandaran itu adalah dengan memberinya honje atau kecombrang dan daun kedondong sebagai penyedap. Rempah-rempah itu membuat cita rasa kuap sup dengan rasa asam akan terasa lebih segar. Harumnya, aroma sup terasa lengkap dengan potongan lengkuas, batang serai, dan daun ruku-ruku. Kalau suka pedas bisa ditambahkan cabai rawit.

Rasanya yang khas menjadikan Pindang Gunung menjadi icon makanan khas Pangandaran. Asam manis pedas adalah rasa yang begitu khas dilidah ditambah dengan aroma penyedap rahasianya bisa membuat para penikmat kuliner, traveller dan wisatawan pantai pangandaran merasakan ketagihan.

Pindang Gunung ini sangat nikmat jika disantap saat hidangan masih hangat. Paling pas dinikmati tanpa nasi. Santap juga daun kedondong dan ruku-rukunya, teksturnya lembut dengan cita rasa asam dan segar yang kuat.

Untuk mencari rumah makan yang menyajikan pindang gunung, Anda tinggal menuju ke sentra kuliner Pasar Ikan di Pantai Timur Pangandaran dekat markas polisi perairan Pangandaran. Lokasinya sekitar tiga kilometer menuju arah gerbang tiket Pantai Pangandaran di sebelah kanan jalan. Di sana ada beberapa rumah makan yang menawarkan pindang gunung.

Baca Juga : Beragam Paket Wisata Pangandaran