Wisata Kuliner Rumah Makan Karya Bahari Pangandaran

Ada salah satu rumah makan sea food yang cukup terkenal di daerah pasar ikan Pangandaran. Dan rumah makan ini bisa menjadi referensi bagi para wisatawan.
Wisata Kuliner Rumah Makan Karya Bahari Pangandaran, Pangandaran Informasi Wisata Pangandaran dan Sekitar, Paket Tour Wisata Murah

RM Karya Bahari yang dikelola pasangan suami istri (Pasutri) H. Elly Poniman (58) dan Hj. Iis Aisyah (53). Saat ini RM Karya Bahari sudah memiliki dua tempat, pertama RM Karya Bahari 1, di Jalan Talanca Komplek Pasar Ikan Pantai Timur Pangandaran, dan RM Karya Bahari 2, di Jalan Raya Babakan KM 1 Pangandaran.

RM Karya Bahari berkapasitas 300 orang. RM Karya Bahari merupakan rumah makan terbesar, serta terlengkap di Pangandaran. Menerima pesanan untuk rombongan dan group, dengan penyajian permeja, parasmanan dan catering. Juga menerima pesanan dalam bentuk nasi bok.

Menu masakan yang tersedia di RM Karya Bahari, diantaranya ikan bakar, cumi tepung, udang saos tiram, kepiting saos padang, tiram telor, dan masih banyak masakan-masakan lezat lainnya. Harga yang dibandrol cukup terjangkau, mulai Rp 15 ribu hingga Rp. 250 ribu.

Pemilik RM Karya Bahari awalnya merupakan seorang bakul ikan di bilangan Pantai Timur Pangandaran. H. Elly dan Hj. Iis biasanya membeli ikan segar dari nelayan satu ke nelayan lainnya.

Ikan hasil tangkapan nelayan itu kemudian dia jual kembali, baik mentah ataupun sudah dimasak sebagai lauk-pauk (tanpa nasi). Usaha jual beli ikan segar dan masakan olahan hasil laut kemudian berkembang.

Dan akhirnya, sekitar tahun 1980, H. Elly dan Hj. Iis membuka RM Karya Bahari, yang berlokasi di Pantai Timur, tepatnya di samping pelelangan ikan. Pada tahun 1994, pasar ikan kemudian direlokasi ke sebelah selatan, di Komplek Talanca atau komplek pasar ikan (sekarang). Saat ini, di tempat tersebut telah berdiri sekitar 15 rumah makan yang menjual aneka masakan sea food.

Pasangan pengusaha rumah makan ini, berhasil mempekerjakan sedikitnya 53 orang karyawa tetap. Bahkan, dari usaha RM Karya Bahari tersebut, 2 orang karyawannya sudah berhasil pergi haji, serta 7 karyawan lainnya melaksanakan umroh.

H. Elly dan Hj. Iis saat ini sudah memiliki 3 orang putra. Anak pertamanya, Nanang Tarsono (31), saat ini  mengelola Bengkel Motor Bahari di Babakan. Anak kedua, Sandra Nurliyanti (27), mengelola RM. Dan yang terkecil, Anas Nurfadilah (10) masih SD.

Asep Yuliludin, karyawan yang sudah 13 tahun bekerja di RM Karya Bahari, rencananya tahun ini akan diberangkatkan umroh. Karyawan yang dipercaya sebagai manager ini mengaku, pembiayaan umroh ditanggung RM Karya Bahari.

Baca Juga : Beragam Paket Wisata Pangandaran